Banyak Cara Meningkatkan Penjualan Online salah satunya adalah dengan menggunakan situs jejaring sosial. sudah tak diragukan lagi, fungsi jejaring sosial sekarang telah
beralih dari ajang pertemanan menjadi arena untuk berbisnis. Lihat saja,
berbagai produk baik barang maupun jasa di dipromosikan dan marak
dijual lewat sejumlah media sosial.
Seperti dilansir dari CNN Money, Minggu (3/11/2013), sejauh ini
hampir 75% pebisnis kecil tercatat telah memanfaatkan media sosial guna
memperlancar usahanya. Buktinya di Indonesia, Anda bisa menemukan banyak
produsen atau sales yang memasarkan produknya lewat Facebook. Sejumlah
foto berisi contoh gambar produk dan daftar harga banyak terpampang di
media sosial tersebut.
Memang, banyak orang yang mengakui keampuhan penggunaan media sosial
dalam meningkatkan prospek bisnis yang tengah dijalani. Maka bagi Anda
yang ingin berbisnis lewat media sosial, berikut enam situs dan cara
terbaik untuk menggunakannya:
1. Facebook
Apa itu Facebook? Facebook salah satu jaringan sosial terbesar. Di
Facebook Anda dapat membagi isi, percakapan, menciptakan acara, dan
menyebarkan iklan. Setiap orang pun dapat menggunakan Facebook. Dengan
situs media sosial ini, Anda dapat membangkitkan dan membina hubungan
dengan klien yang potensial.
Lalu bagaimana memaksimal jangkauan Anda? Joe DiNardo dari Blue
Fontain Media di kota New York menuturkan, ketika memposting sesuatu di
halaman Facebook maka Anda dapat menambahkan nilai di halaman Facebook.
Anda dapat menambahkan ulasan singkat mengenai bisnis Anda, dan menghubungkannya dengan berita industri.
Lalu Anda meminta kepada pengguna untuk umpan balik posting gambar
berbagai cerita dunia nyata tentang perusahaan Anda mengenai tantangan.
Selain itu, dapat terhubung dengan Anda dalam tingkat pribadi sehingga
membuatnya semakin besar untuk mendapatkan klien.
Meski demikian, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal yaitu
jangan beriklan langsung di halaman Anda. Hal itu dapat membuat orang
tidak menyukainya. Sementara Facebook, tempat baik untuk mengatasi
keluhan pelanggan, tetapi tidak terllibat dalam diskusi yang panjang.
“Cobalah untuk membawa keluhan ke dunia Anda, dan merespon secara
pribadi, tetapi hanya merespon sekali,” tutur Don Sorensen, Pendiri Big
Blue Robot.
2. Twitter
Salah satu situs yang hanya menampilkan pesan sebanyak 140 karakter
atau kurang. Anda dapat menggunakan situs ini untuk mempromosikan acara,
berita, membangun basis pelanggan Anda dengan mengembangkan percakapan.
Anda dapat menunjukkan keahlian Anda.
Orang yang menggunakan Twitter biasanya hanya beberapa jam per minggu
untuk membaca, mengirim dan mencari pesan. Untuk memaksimalkan
jangkauan Anda, maka gunakan simbol hashtag atau pilihan pencarian
lanjutan untuk menemukan pertanyaan yang berhubungan dengan bisnis Anda.
“Dengan membantu dan meningkatkan keterlibatan dengan pembaca maka itu dapat berubah menjadi pelanggan,” tutur Dinardo.
Jika pembaca percaya keahliaan Anda, maka mereka lebih cenderung
mengunjungi situs web Anda. Twitter juga baik untuk mengumumkan
kesepakatan khusus dan penawaran.
Sebaiknya Anda juga jangan terus menerus untuk melakukan retweet.
Coba hati-hati membaca artikel sebelum Anda retweet untuk memastikan
Anda merasa nyaman dengan ide yang Anda sampaikan. Selain itu, hati-hati
dengan waktu karena itu mudah hilang.
3. LinkedIn
Ini situs tempat terbesar untuk resume, dan membaca blog berorientasi
karir dan artikel berita. Situs ini baik digunakan untuk mempekerjakan,
dan jaringan untuk mengjangkau klien potensial. Setiap orang pun dapat
menggunakan situs ini terutama perusahaan mencari pelanggan baru.
Untuk memaksimalkan jaringan ini, DiNardo menuturkan, Anda dapat
menjalin hubungan dengan karyawan potensial berkualitas tinggi.
Bergabung dengan Linkedln juga berhubungan dengan perusahaan.
Sebaiknya Anda juga jangan terlalu banyak menghabiskan waktu dengan menawarkan produk dan jasa.
4. Youtube
Situs ini memiliki lebih dari 1 miliar pengunjung yang unik setiap
bulan. Anda dapat menggunakan situs ini membangun kredibilitas dengan
menampilkan pengetahuan dan keterampilan.
Setiap orang dapat menggunakan situs ini. Penasehat keuangan,
pengacara, dan profesional pemasaran dapat merekam sendiri menawarkan
tips berharga, dan perusahaan periklanan untuk menampilkan kreativitas
mereka.
Untuk memaksimalkan situs ini, Liz Joste, co-owner of Eli Rose Social
Media menuturkan, buatlah daftar dari 10 pertanyaan yang paling sering
ditanyakan dalam industri Anda, dan film sendiri menjawab mereka. Lalu
pastikan mengoptimalkan video dengan kata kunci sebanyak mungkin.
Sebaiknya Anda juga jangan memposting video panjang, di bawah satu
menit. Lalu fokus pada satu pertanyaan atau isu untuk satu video.
“Tambahkan URL perusahaan Anda dan lin ke semua akun media sosial
lainnya ke saluran Youtube,” tutur Jostes.
5. Pinterest
Situs ini menjadi tempat untuk membuat dan berbagi link berpusat
untuk tema visual. Sebaiknya situs ini mempromosikan merk Anda kepada
khalayak perempuan.
Para pedagang, produsen dan situs perjalanan dapat menggunakan dengan meminjamkan mereka menjadi gambar.
Anda dapat menggunakannya dengan membuat deskripsi yang menarik
sehingga orang dapat mencarinya. Meski demikian, sebaiknya jangan
mengumbar mengenai buku favorit, fashion dan foto perjalanan Anda. Lalu
jangan gunakan gambar hak cipta untuk membuat pin.
Friday, January 31, 2014
Cara Meningkatkan Penjualan Online
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon